Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit



Lakukan Pola Hidup Sehat dan Hindari Kebiasaan Buruk
Sehat dengan olahraga dan makan sehat

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit – Sistem imun sangatlah penting untuk selalu dijaga oleh seseorang. Mengingat sistem imun merupakan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit, sehingga jika sistem imun tersebut menurun, maka akan menyebabkan tubuh sangatlah mudah terserang berbagai jenis penyakit.

Cara menjaga kesehatan tubuh sebenarnya sangatlah mudah sekali, dikatakan mudah apabila kita dapat menjaga sistem kekebalan tubuh secara optimal. Nah bagi Anda yang ingin terhindar dari berbagai serangan penyakit, ketahuilah beberapa tips menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit berikut ini.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

1. Mulai hari dengan olahraga

Olahraga sangatlah penting sekali dalam cara merawat kesehatan tubuh dari penyakit. Dengan olahgraga secara rutin, maka semua aktivitas metabolisme di dalam tubuh kita akan berkerja secara maksimal. hal tersebut ditandai dengan keluarnya banyak keringat dari dalam tubuh. Oleh sebab itu awali hari Anda dengan berolahraga pagi, pastikan minimal olahraga selama 30 menit. adapun olahraga yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dari penyakit antara lain:

- Jogging
- Senam pagi
- Yoga
- Aerobik
- Streching
- Jalan sehat
- Bersepeda dll.

2. Sarapan pagi yang sehat

Setelah capek berolahraga, pastinya tubuh akan terasa capek bukan? nah untuk menggantikan energi yang hilang saat berolahraga tadi, Anda dapat mengonsumsi sarapan dengan menu makanan sehat. Ada banyak sekali sarapan sehat yang dapat menjadi cara mudah menjaga kesehatan tubuh. makanan tersebut diantara seperti 4 sehat 5 sempurna. Usahakan setiap pagi Anda mengonsumsi sayur, buah, kacang-kacangan, telur, susu, dan bila perlu konsumsilah madu. Dengan makanan-makanan sehat inilah tubuh akan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. 

Selain itu penuhi pula asupan air putih yang lebih banyak setelah sarapan. minimal konsumsi air putih sebanyak 8 gelas. Anda bisa mengatur jadwal konsumsi air putih tersebut setiap 4 jam sekali.

3. Bekerja sesuai kemampuan

Inilah yang harus selalu diperhatikan ketika ingin menjaga tubuh tetap sehat secara alami. Banyak orang dengan rutinitasnya sampai melalaikan kesehatan tubuh, terutama rutinitas dunia kerja. Tubuh sebenarnya sama dengan mesin, dia akan merasa cukup panas dan lelah apabila digunakan secara terus menerus. Maka dari itu batasi kerja Anda sesuai dengan kemampuan, jangan berlebihan.

4. Atur waktu istirahat

Cara menjaga kesehatan tubuh selanjutnya adalah dengan mengatur waktu istirahat. Selain nikmat, istirahat juga akan membuat tubuh kita tetap bugar setiap saat. Pastikan Anda pandai dalam mengatur waktu istirahat, hindari istirahat setiap harinya kurang dari 8 jam. Alangkah lebih baiknya apabila Anda menambah jatah tidur. seperti jika setiap harinya Anda tidur 6 jam, maka saat ingin menjaga tubuh tetap bugar tambahkan menjadi 8-10 jam sehari.

5. Lakukan secara benar dan teratur

Tips menjaga tubuh tetap bugar yang terakhir adalah dengan melakukan beberapa point diatas secara rutin setiap harinya. Konsistensi dan keteraturan dalam mencanangkan pola hidup sehat diatas akan terlihat dengan seiring hasil yang Anda dapatkan. Maksudnya, jika Anda melakukan serangkaian cara menjaga kesehatan tubuh diatas dengan baik dan benar, maka hasilnya akan memuaskan, begitu pula sebaliknya.

Demikian sekilas informasi mengenai cara menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit yang dapat kami sampaikan. Ingat, kesehatan itu tidak bisa dibeli dengan uang ! oleh sebab itu mulailah merawat diri dan menjaga kesehatan dengan baik. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi Anda. selamat mencoba dan salam hidup sehat.



Labels: ,